APA SAJA MANFAATNYA MENULIS?


Menulis menjadi jembatan keabadian dalam kehidupan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menulis. Baik secara material maupun secara inmaterial. Percayalah, kebaikan dan manfaat menulis akan terus mengalir dan menjadi investasi kedepannya.

Pilar-pilar penting di dalam menulis ini yang belum banyak diketahui oleh masyarakat bahwa menulis itu sangat menyenangkan, dan menggairahkan.

Tiga pilar tersebut yaitu:

  1. Niat. Niat untuk menulis itu harus dibangun sejak awal, tanpa adanya niat maka hasil tulisannya akan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, niat tersebut akan membentuk sebuah motivasi-motivasi yang kemudian akan melahirkan sebuah ide dan gagasan-gagasan baru yang bisa dituangkan ke dalam bentuk tulisan.
  2. Frame. Tujuan, komponen, dan instrumen dari menulis harus ditentukan terlebih dahulu sehingga nanti ketika dalam proses penulisan bisa langsung berjalan dengan lancar. Ketika sebelum memulai menulis, alangkah baiknya siapkan terlebih dahulu semua bahan-bahan atau komponen-komponen pendukung dalam penulisan tersebut, seperti referensi buku dan lain-lainnya.
  3. Mental dan Fisik. Menulis itu membutuhkan kesehatan fisik dan mental yang stabil, karena menulis itu tidak bekerja hanya sekali, melainkan berkesinambungan dan terus-menerus. Semakin sering melakukan aktivitas menulis, maka akan meningkat juga kemampuan menulis tersebut. Menulis juga dapat meningkatkan nilai-nilai manajemen waktu.
Tiga pilar tersebut menjadi hal penting bagi penulis terutama pemula yang akan memulai menulis.

Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan cek link di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=jmea9w_mGWk 

Semoga bermanfaat🙏

Posting Komentar

0 Komentar